Manusia Membutuhkan Keindahan


 

 

Merasakan keindahan berarti menghayati sebuah objek atau hal yang kita rasa indah. Keindahan sesungguhnya merupakan fitrah yang sudah ada di dalam diri manusia. Ketika kita terpaku dengan pemandangan alam, lukisan, syair, atau alunan musik, sesungguhnya kita sedang menikmati keindahan yang tersaji di alam raya ini.

Keindahan di alam raydapat berperan dalam membuktikan keesaan dan kekuasaan Allah dan mengabaikan keindahan berarti mengabaikan salah satu dari bukti keesaan Allah SWT.  Begitu banyak keindahan yang bisa kita temukan di alam raya ini, namun kita harus memiliki perasaan halus untuk merasakannya. Khalusan tersebut akan menangkap hal-hal yang indah dimanapun kita berada. Buya HAMKA mengatakan “Apa sebabnya ada keindahan? Sebabnya ialah karena ada cinta. Dengan cinta, alam diciptakan. Tiap awal surat dalam Al Qur’an dimulai dengan bacaan ‘basmalah’ yang berarti ‘dengan nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang’. itulah kunci rahasia cinta di alam ini. Segala seni yang tinggi, syair, musik, dan lukisan adalah laksana rumus untuk membuktikan adanya yang Rahman dan yang Rahim. sumber segala cinta”

Bahkan Islam pun mengajarkan kita untuk memperindah penampilan, Allah berfirman dalam QS Al A’raaf 7:26, “Hai Bani Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa itulah yang paling baik.  Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”

Jadi sebenarnya keindahan atau estetika boleh ditampilkan atau dipamerkan ke orang lain selama kita tidak berniat meremehkan atau merendahkan orang lain. Estetika berperan besar dalam membentuk diri kita dan generasi penerus bangsa ini agar unggul dalam karya cipta dan karsa, dinamis, mandiri, kreatif dan berani tampil serta mampu memahami dan menghargai keunikan dan keanekaragaman yang ada ditengah masyarakatnya.

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s